Cari Blog Ini

Hanya demi sepakbola,

Selasa, 31 Mei 2011

Padang– Menjadi komisaris sekaligus manajer tim membuat Januardi Sumka harus meluangkan waktunya setiap hari untuk Minang Kabau FC. Apalagi, kesibukannya sebagai anggota DPRD Kota Padang juga menyita banyak waktu.
“Tapi, itu semua saya nikmati saja,” ungkap Januardi Sumka. Menurutnya, menjadi komisaris di PT Padang Minang Sportindo yang mengelola Minang Kabau FC, hanyalah sebagai penonton saja. Sedangkan sebagai manajer tim, ia bisa turun langsung menghadapi persoalan-persoalan di tubuh tim.

“Saya terpanggil untuk masuk dalam manajemen dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Apakah di sini sifatnya sementara atau tidak, saya berusaha untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah di tim,” jelas pria kelahiran 1969 ini.
Januardi Sumka mengakui manajer tim merupakan pekerjaan yang luar biasa. Walau sehari-hari menjadi anggota Komisi III DPRD Kota Padang,  dia mengaku telah menyediakan waktu khusus untuk Minang Kabau FC sehari minimal lima jam.  Sepanjang lima jam itulah ia berusaha untuk mencurahkan tenaga dan mengabdi kepada manajemen. “Saya ingin agar Minang Kabau FC bisa menjadi tim yang disegani dan memiliki manajemen yang benar-benar profesional,” tegasnya.
Yang jelas, Januardi  berusaha memenuhi waktu lima jam untuk tim dengan menggunakan waktu-waktu kosong. Bisa dilakukan di tengah-tengah jam kantor maupun usai jam kantor. Apalagi, sebagai anggota dewan tak setiap hari ia harus berada di kantor.  Waktu-waktu luang itulah yang ia manfaatkan untuk menangani klub. 
Januardi Sumka mengatakan, mengurus sepakbola juga termasuk bagian dari tugasnya sebagai anggota dewan. “Mengurusi sepakbola itu kan juga demi kepentingan masyarakat yang hobi bola. Itu juga termasuk konstituen kami,” jelas pria nan ramah ini.
Bagi Januardi, mengurusi sepakbola adalah tanggung jawabnya secara moril. Dan, ia juga tetap mendukung  perubahan di sepakbola nasional.  “ Ini suatu hal yang sangat postiif dan tidak perlu dipertanyakan lagi,” katanya.
Yang kedua, ia ingin mengangkat Minang Kabau FC sebagai tim yang bisa dibanggakan. Apalagi nama Minang Kabau FC sudah dikenal masyarakat Sumatera Barat, termasuk yang ada di perantauan.
“Masyarakat Padang atau Sumatera Barat tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri.  Orang bilang warung Padang sudah terkenal di mana-mana, sudah go international.  Mungkin kalau orang sudah tinggal di bulan, nanti rumah makan Padang juga buka di situ,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Thanks

 
© Copyright 2010-2011 MINANGKABAU FC All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.